Rabu, 14 Oktober 2009

Hikmah Silaturrahmi 1

Hari raya iedul fitri menyisakan beberapa cerita yang perlu diambil hikmahnya. Dari beberapa silaturrahmi yang saya lakukan baik bersama sahabat-sahabat PAC GP Ansor Kepanjen atau bersama keluarga silaturrahmi ke Orang tua, beberapa kerabat tetangga famili, guru, tokoh masyarakat termasuk kyai ada petuah, saran, diskusi yang perlu saya ambil hikmahnya antara lain :
1. petuah orang tua
2. petuah guru
3. diskusi dengan sahabat
4. saran sahabat
5. aneh-aneh



Bagian 1. petuah orang tua
Petuah orang tua bagi saya merupakan spirit hidup, petuah, sarannya yang harus ditaati, karena Allah SWT melalui orang tua melahirkan kita (cikal bakal kita)sehingga kita harus tahu diri asal usul kita.
Setelah sholat ied saya langsung kerumah orang tua bersama saudara bermukhasafah saling mohon maaf dari orang tua dilanjutkan yang mulai tua berurutan sampai yang yang terkecil sehingga ada rasa introspeksi diri bahwa dalam setahun berinteraksi saling menyadari kesalahan masing-masing sehingga akan timbul saling cinta mencintai antar anggota keluarga dan mempererat persaudaraan.
Orang tua memberikan petuah bahwa :
a. kalau kita saling menyadari kesalahan dalam menyelesaikan sesuatu akan lebih gampang karena tidak saling mempertahankan egonya masing-masing dan mecari jalan tengahnya.
b. kita akan lebih kuat dan kokoh apabila cinta antar keluarga kuat dan tidak bercerai berai dan saling tolong menolong dimulai dari keluarga yang merupakan dasar dari struktur masyarakat yang paling kecil.

Bagian 2. petuah guru
dalam silaturrahim kepada guru ada petuah yang sangat penting untuk di lakukan karena, guru adalah merupakan jembatan awal kita mulai mengenal pasword ilmu-ilmu yang dipelajari mulai dari kita lahir ada guru pertama yang utama kita kenal adalah ibu kita, ayah kita, saudara kita dan kemudian kerabat, teman lingkungan sampai pada guru-guru formal di sekolah itu merupakan sosok guru yang patut diteladani. dalam silaturrahim yang saya lakukan merupakan me refresh kembali memori-memori petuah-petuahnya untuk di selanjutnya .............

0 komentar:

Posting Komentar